FC Barcelona

Pages

Sabtu, 19 November 2016

Fungsi IF Pada Ms. Excel


 Keuntungan fungsi IF adalah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pernyataan yang berhubungan dengan Logika antara sebuah nilai dengan nilai standar dan membuat kesimpulan atas nilai logis tersebut. Kondisi yang tepat saat ingin menggunakan fungsi IF adalah ketika ingin membandingkan dua atau lebih data yang membutuhkan logika, jika benar (True) maka nilainya 1 dan jika salah (False) maka nilainya 0.

    Step By Step Penggunaan Fungsi IF :
·         Buka Microsoft Excel
·         Masukkan sebuah data

·         Fungsi IF mempunyai sintaks sebagai berikut :
=IF(tes_logika;nilai_jika_Benar;nilai_jika_Salah)
Jadi masukkan fungsi IF sesuai sintaks diatas, pada kolom KRITERIA atau pada sel D3.


·         Ketikkan =IF(C3>=70;”Lulus”;”Gagal”)
{Maksud dari sintaks diatas adalah jika pada kolom C baris ke 3 (terdapat nilai ujian 80) bila nilainya lebih besar dari atau sama dengan 70 maka “Lulus”; jika tidak lebih besar atau sama dengan 70 maka “Gagal”}


·         Setelah itu tekan ¿ Enter :
                                                                          Hasil 1

·           Lakukan hal yang sama pada baris kedua atau pada sel D4 dengan memasukkan :
=IF(C4>=70;”Lulus”;”Gagal”)
{Lebih cepatnya tinggal di copy dari sintaks sebelumnya}
                                                                     Hasil 2



Dari dua KRITERIA diatas Hasil 1 mendapatkan nilai “Lulus” karena nilai 80 lebih dari 70, sedangkan Hasil 2 mendapatkan nilai “Gagal” karena nilai 69 tidak lebih dari atau sama dengan 70.

  Contoh Penggunaan Operasi IF dengan 3 kondisi!

=IF(E7>=80;”A”;IF(E7>=70;”B”;IF(E7>=60;”C”;”D”)))


        Sekian tutorial fungsi IF beserta aturan penulisannya.

0 komentar:

Posting Komentar